PELEMBUT KAIN

kimia laundry

Pelembut kain (Fabric softener) disebut juga dengan conditioner. Produk ini mampu membuat hasil cucian terasa lebih lembut saat disentuh dan memberikan aroma segar, sehingga memuat kesan tersendiri bagi pelanggan. Dengan ditambahkannya conditioner pada bilasan akhir dapat menghidari terjadinya pakaian kaku, kusut dan lengket, penambahan conditioner juga dapat mempercepat waktu pengeringan.

Pelembut kain (Fabric softener) selain memilki banyak manfaat, tetapi juga memiliki kelemahan. Produk ini dibuat dengan menggunakan surfaktan kationik, sedangkan surfaktan kationik itu tidak kompatibel dengan deterjen. Sehingga sebelum menggunakan pelembut pakaian sebaiknya deterjen harus dibersihkan dahulu.

Lagi-lagi kita butuh laundry sour untuk membersihkan sisa deterjen dari serat pakaian. Itulah mengapa sebaiknya laundry sour digunakan sebelum pemakaian softener. Walaupun softener bisa digunakan dalam kondisi asam (pH rendah), karena alasan ini, sebaiknya softener dipakai tersendiri pada bilasan akhir.

Laundry softener ini dibuat dari Esterquat, yang merupakan senyawa amonium kuaterner yang memiliki dua rantai asam lemak panjang (C16-C18) dengan 2 ikatan ester lemah. Produk ini merupakan generasi baru bahan pelembut kain, menggantikan garam dialkildimetilamonium (misalnya DTDMAC dan DSDMAC).

Simak pada artikel kami berikutnya, bagaimana cara membuat laundry softener (pelembut kain) yang baik dan wangi sepanjang hari, sehingga kualitas cucian bisa memberikan nilai tambah dan sensasi memory yang luar biasa bagi pemakainya. Hasil cucian yang lembut dan berkualitas memberikan kesan tersendiri bagi Pelanggan, yang bisa memuat mereka datang lagi dan lagi.

Share this