Awet Muda, Konsumsi buah ini

Berita, Kesehatan

Awet muda, kulit kencang dan mulus adalah idaman bagi semua orang. Untuk mencapai tujuan ini kadang kita bisa menghabiskan duit yang cukup banyak, bahkan tidak jarang sampai melakukan operasi kulit segala. Kini tidak perlu repot lagi melakukan semua itu, cukup konsumsi buah tomat saja, masalah bisa teratasi. Bagaimana mungkin tomat bisa menjadikan awet muda?.

Tomat adalah bahan serbaguna dan bergizi yang terdapat dalam banyak masakan, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama jika dimasak. Berikut beberapa manfaat tomat dalam masakan:

  • Tomat kaya akan vitamin C, yang mencerahkan kulit dan melawan peradangan.
  • Memasak tomat akan melepaskan lebih banyak antioksidan seperti likopen, yang dapat melindungi terhadap kanker.
  • Likopen juga membantu mengurangi penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan usus, meningkatkan kekuatan tulang, dan meminimalkan risiko stroke pada pria.
  • Tomat mengandung fitokimia lain seperti karotenoid, yang penting untuk kesehatan mata dan dapat mencegah kerusakan akibat sinar UV.
  • Memasak tomat dengan minyak zaitun membantu kita menyerap senyawa pelindung ini dengan lebih baik.
  • Tomat menambah rasa, warna, dan tekstur pada berbagai masakan, mulai dari sup dan salad hingga pasta dan pizza. Tomat juga memberikan kelembapan dan keasaman yang menyeimbangkan bahan lainnya.

Bagaimana mungkin tomat bisa buat awet muda?

Tomat adalah buah luar biasa yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kulit dan kesehatan kita secara keseluruhan. Produk ini mengandung antioksidan, seperti likopen dan vitamin C, yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas, yang merupakan penyebab utama penuaan.

Mengkonsumsi tomat secara rutin juga dapat mengurangi risiko sengatan matahari, kanker kulit, dan peradangan. Namun, cara Anda mengonsumsi tomat dapat memengaruhi seberapa banyak nutrisi yang dapat Anda serap. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memasak tomat dapat meningkatkan ketersediaan likopen dan fitokimia lainnya, sehingga lebih efektif untuk kulit Anda.

Oleh karena itu, mungkin lebih baik memakan tomat yang dimasak daripada mentah jika Anda ingin memaksimalkan efek anti penuaannya. Tentu saja, tomat bukanlah obat ajaib untuk penuaan, tetapi harus mengikuti pola makan seimbang, menggunakan tabir surya, dan tetap terhidrasi untuk kesehatan kulit yang optimal. Namun menambahkan tomat ke dalam makanan bisa menjadi cara yang lezat dan bergizi untuk menjaga kulit terlihat muda dan bercahaya.

Benarkah memasak Tomat dapat menurunkan zat gizinya?

Memasak tomat dengan suhu tinggi akan merusak vitaminnya adalah pernyataan yang sebagian benar dan sebagian lagi salah. Itu tergantung pada jenis vitamin apa dan cara memasak tomat.

Memasak tomat dapat mengurangi jumlah vitamin C, yaitu vitamin yang larut dalam air dan sensitif terhadap panas. Vitamin C bisa hilang jika tomat terkena suhu tinggi, sinar matahari, oksigen, dan air. Sebuah penelitian menemukan bahwa memasak tomat dapat mengurangi kandungan vitamin C sebesar 29% dalam dua menit dan sebesar 54% dalam 30 menit.

Namun, memasak tomat juga dapat meningkatkan jumlah nutrisi lain, seperti likopen dan beta-karoten, yang merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel Anda dari kerusakan. Likopen dan beta-karoten lebih banyak tersedia saat tomat dimasak, karena panas (suhu) dapat memecah dinding sel dan melepaskannya dari jaringan tanaman. Sebuah penelitian menemukan bahwa memasak tomat meningkatkan kandungan likopennya sebesar 164% dalam dua menit dan sebesar 171% dalam 30 menit.

Oleh karena itu, memasak tomat memiliki kelebihan dan kekurangan dari segi nilai gizinya. Cara terbaik memasak tomat adalah dengan menggunakan api kecil hingga sedang, sedikit air, dan lebih baik menggunakan minyak zaitun. Hal ini dapat membantu menjaga vitamin C, meningkatkan likopen dan beta-karoten, serta meningkatkan rasa dan tekstur tomat. Jika yang anda butuhkan adalah vitamin C nya, sebaiknya anda makan tomat mentah.

Share this